KELIMUTU LAKE

BY Grand Wisata Hotel Ende IN

Tiga danau kawah berwarna di puncak gunung Kelimutu ini terbentuk dari aktivitas vulkanik jutaan tahun lalu, merupakan fenomena alam yang tidak ada duanya di muka bumi. Menurut legenda ketiga danau tersebut merupakan kampung arwah. Danau Atapolo yang berwarna merah dipercayai sebagai tempat bersemayamnya arwah orang jahat. Danau Nua Muri KoO Fai yang berwarna hijau tosca merupakan tempat arwah muda-mudi dan danau Ata Mbupu yang berwarna hitam merupakan tempat arwah para orang tua atau bijaksana.
          Danau Kelimutu termasuk salah satu  Kawasan Taman Nasional di Indonesia yang dikenal dengan Kawasan Taman Nasional Kelimutu yang memiliki  luas 5.356,50 ha. Berjarak 66 km  dari Kota Ende yang dapat  ditempuh dengan kendaraan roda dua  maupun roda empat. Waktu tempuh menuju Danau Kelimutu dari Kota Ende kira-kira 2,5 sampai 3 jam.  
          Gunung Kelimutu termasuk gunung berapi yang masih aktif. Perubahan warna air dari masing-masing danau merupakan indikasi adanya aktivitas tersebut. Perubahan warnanya tidak pernah bisa diprediksi. Bahkan beberapa kalangan mempercayai adanya hubungan antara perubahan warna pada danau-danau tersebut dengan berbagai peristiwa yang terjadi di suatu negara termasuk di Republik Indonesia dan Kabupaten Ende khuisusnya.
Selain keunikan tersebut, aneka  flora dan  fauna juga terdapat dalam Kawasan Taman Nasional Kelimutu.